Jumat, 18 Desember 2009

CENTURY PANAS, INVESTOR GERAH

Isu paling panas dalam negeri belakangan ini selain kasus Bibit dan Chandra tapi juga muncul kasus panas yaitu kasus Bank Century yang telah menarik perhatian seluruh rakyat Indonesia. Pertanyaan kemana aliran uang sebesar Rp 7.6 triliun menjadi sebuah fenomena besar di negeri ini. Masyarakat Indonesia seakan-akan terfokus ke permasalahan yang menyangkut banyak pihak penting di negeri ini, seperti mantan Gubernur Bank Indonesia yang sekarang menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Keadaanaan seperti ini secara tidak langsung akan berpengaruh ke sektor ekonomi karena masalah ini menunjukan adanya ketidakberesan pada system di negeri ini. Sehingga mulai banyak para investor mulai khawatir terhadap kestabilan ekonomi negeri ini.

Proses politik terhadap kasus Bank Century ini akhirnya memnimbulkan kekhawatiran terhadap investasi mereka. Banyak investor yang beralasan kekhawatiran ini dikarenakan adanya kemungkinan wakil presiden dan menteri keuangan republik Indonesia mundur dari jabatannya.

Menurut ekonom Bank Mandiri , Mirza Adityaswara keputusan bisnis pelaku pasar selalu dilakukan dengan melihat siapa yang menjadi pimpinan. Selain itu banyak pihak yang menganggap bahwa Boediono dan Sri Mulyani sebagai team yang suksses dalam menjalankan kebijakan pro pertumbuhan ekonomi, ini dapat dilihat dari naiknya investasi asing dalam bentuk surat utang negara, yang menjadi kontributor anggaran belanja negara.

Kini telah terbentuk panitia angket yang beranggotakan perwakilan-perwakilan dari anggota DPR RI yang mempunyai tujuan utama yaitu mengetahui kemana uang triliuan itu mengalir?. Walau berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk dapat meredam pengaruh negative dari isu tersebut, tetapi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa para investor sudah mulai bersiaga satu untuk menarik investasinya ke luar negeri.

Saya sebagai masyarakat biasa hanya bisa mendukung serta mendoakan panitia angket Bank Century agar berhasil mengungkap semua rahasia besar ini, sehingga kestabilan nasional bias tetap terjaga.

Maju terus Indonesiaku….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar