Jumat, 25 Desember 2009

MALL PADA AKHIR TAHUN


Akhir tahun sangat identik dengan libur panjang, mengingat pada akhir tahun yaitu pada bulan Desember terdapat hari besar bagi kaum kristiani yaitu hari Natal. Libur natal biasanya juga diteruskan dengan libur tahun baru, sehingga hampir setiap tahunnya bulan Desember terdapat libur panjang.

Masyarakat menikmati libur panjang dengan berbagai alternatif, dari pergi ke luar kota, ke luar negeri, pulang ke kampung halaman, pergi tamasya atau mungkin hanya sekedar pergi ke pusat perbelanjaan. Di Jabodetabek terdapat berbagai pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai kebutuhan baik dari kebutuhan primer hingga berbagai barang mewah yang ditujukan untuk kelas menengah ke atas.

Pusat perbelanjaan yang tersebar di Jabodetabek, berpotensi kehilangan 40 % konsumen kelas atas selama libur Natal 2009 dan Tahun Baru 2010. Ini disebabkan sebagian konsumen lebih memilih pergi dan memanjakan dirinya ke luar negeri atau ke luar kota. Ini merupakan fenomena dimana masyarakat kita khususnya yang berpenghasilan menengah ke atas lebih memilih berlibur ke luar negeri daripada menghabiskan liburannya di dalam negeri.

”Kelas atas, hampir semua lebih memilih pergi ke luar negeri untuk menghabiskan libur akhir tahun," demikian disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan (Sumber : detik.com)

Banyak faktor yang menyebabkan masayarakat lebih memilih berlibur ke luar negri yaitu antara lain terdapatnya ”big sale” yang ditawarkan di negeri tujuan yang pastinya memiliki kualitas produk lebih baik dari dalam negeri, kemudahan untuk pergi ke luar negeri serta murahnya biaya transportasi ke luar negeri.

Walaupun terdapat potensi kehilangan konsumen, namun diperkirakan pusat perbelanjaan di wilayah Jabodetabek tetap ramai. Ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang berasal dari luar kota Jakarta yang akan menjejali pusat perbelanjaan di Jabodetabek untuk berlibur.

"Orang-orang luar Jakarta akan datang ke pusat belanja. Jadi tidak hanya orang Jakarta yang pergi ke luar, orang luar kota pun datang ke pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta," papar Ridwan.

Jelang libur akhir tahun 2009, pengelola pusat-pusat perbelanjaan di Jabodetabek telah menyiapkan berbagai program-program khusus untuk memanjakan pengunjung. Semoga liburan ini aman dari segala gangguan orang yang tidak bertanggung jawab sehingga terjadi kestabilan perekonomian di negeri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar