Kamis, 13 Mei 2010

Paragraf Analogi, Generalisasi, dan Hubungan Kausal

Paragraf Analogi
Seseorang yang bisa dikatakan hebat adalah dia yang mempunyai kepribadian dahsyat, bertanggung jawab, pantang menyerah dan sabar. Karena orang yang hebat adalah orang yang bisa menyelesaikan berbagai masalah dengan cara yang terbaik, yaitu dengan bermodal kepribadian yang dahsyat. Begitu pula untuk manjadikan hidup ini bahagia, seseorang diwajibkan memliki jiwa yang sabar, pantang menyerah, bertanggung jawab serta memiliki pribadi yang super, Karena untuk hidup bahagia diperlukan keikhlasan dari semua masalah yang menimpanya. Maka dari itu untuk menjadi orang yang hebat serta memiliki kehidupan yang bahagia seseorang harus memiliki semua sifat-sifat itu.

Paragraf Generalisasi
Di Jakarta hampir setiap tahunnya mengalami bencana banjir. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, mulai dari kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan, hingga penebangan hutan liar. Selain di Ibukota, kota Bandung juga mengalami banjir beberapa tahun belakangan ini, Sama halnya di Jakarta, banjir di Bandung diperkirakan karena beberapa faktor. Tidak hanya di pulau Jawa, pulau Sumatra, Kalimantan bahkan Sulawesi pun juga mengalami banjir beberapa tahun belakangan ini. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia telah mengalami bencana banjir..


Paragraf Hubungan Kausal
Lagi-lagi penonton sepak bola membuat ulah. Untuk kesekian kalinya supporter sepak bola Indonesia melakukan tindakan anarkis yang mencoreng dunia olahraga kita. Tingkat Keamanan stadion yang minim juga menjadi penyebab kerusuhan. Selain itu rendahnya kualitas wasit yang memimpin pertandingan juga menjadi sorotan penyebab terjadinya kerusuhan. Sehingga faktor-faktor inilah yang membuat sepak bola Indonesia terus terpuruk tertinggal dengan negara-negara lain yang telah jauh melangkah.

3 komentar:

  1. paragraf analoginya, apa yang dianalogikan ya

    BalasHapus
  2. analogi adalah 2 hal yg diperbandingkan krn punya bnyk persamaan dan digunakan untuk memahami hal baru berdasarkan hal yg telah dipahami. jd apa yg diperbandingkan dlm analogi itu...?

    BalasHapus
  3. mksi atas note'snya...
    tugas sy slse dgn baik.hehe

    BalasHapus