Selasa, 11 Mei 2010

TUGAS 1

MENULIS ADALAH PROSES BERNALAR

Sebagian orang menuangkan apa yang dia pikirkan ke dalam bentuk tulisan, dimana di dalam tulisan itu sendiri tidak hanya berupa berita, namun bisa juga berupa cerita, pendapat, puisi dan lainnya. Menulis adalah salah satu cara dalam mengungkapan suatu pemikiran ke dalam suatu bentuk yaitu tulisan. Tulisan itu sendiri merupakan suatu hasil dari pemikiran seseorang yang berisi klaim, argument maupun data. Tulisan yang baik yaitu tulisan yang mempunyai keterkaitan antara klaim, argument dan data.

Dengan menulis, seseorang bisa menuangkan semua yang ingin dia ungkapkan, sehingga bagi penulis, bernalar merupakan salah satu factor utama dalam menulis. Penalaran sangat dibutuhkan dalam menulis, mengingat dalam sebuah tulisan sangat dibutuhkan pemikiran dari sang penulis yang dapat berupa klaim, argument maupun data.

Setiap penulis sangat membutuhkan penalaran dalam membuat tulisan, karena dengan hasil penalaran, tulisan akan mengandung arti bagi sang penulis maupun bagi pembaca. Dengan penalaran, sebuah tulisan akan menjadi logis serta kritis. Sehingga dalam proses menulis seseorang juga akan melakukan proses penalaran. Maka dari itu, menulis mempunyai efek positif bagi pemikiran manusia karena dengan menulis, tanpa disadari seseorang telah melakukan proses penalaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar