Kamis, 13 Mei 2010

TUGAS 5

BAHASA DALAM KONSEP ILMIAH


Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:

1. suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
2. suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
3. suatu kesatuan sistem makna
4. suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
5. suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
6. suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.
Bahasa merupakan suatu alat komunikasi atau penyampaian pesan yang paling efektif.

Di seluruh dunia, bahasa merupakan alat komunikasi utama. Di setiap saat manusia selalu menggunakan bahasa untuk melakukan komunikasi agar dapat mengantarkan pesan yang ingin disampaikan, dan mendapat respon balik dari penerima pesan.

Di dunia pendidikan, bahasa merupakan kunci utama dalam pengembangan interaksi. Bahasa digunakan dalam segala kesempatan. Tidak bisa dibayangkan jika manusia hidup tanpa adanya bahasa.

Bahasa dalam konsep ilmiah merupakan kemampuan bahasa dalam menjadi perantara atau media dalam menuangkan suatu konsep ilmiah. Pada kenyataannya bahasa telah terbukti mampu dalam menjadi mediator penyampaian pesan termasuk dalam menuangkan suatu konsep ilmiah. Dengan bahasa, suatu komunikasi menjadi lebih mudah dilakukan. Selain itu komunikasi menjadi jauh lebih menarik. Bahasa telah berhasil menyampaikan suatu kajian ilmiah menjadi lebih menarik, sehingga manusia terus mempelajari kajian ilmiah tesebut. Dengan ini, suatu konsep ilmiah yang dapat disampaikan oleh suatu bahasa menjadi terus berkembang.

Dengan kenyataan ini, jelas bahwa bahasa merupakan pranata penting dalam penyampaian suatu pesan, sehingga kebutuhan interaksi antar manusia dapat terbantu dengan adanya bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar